Begini cara mengonversi dokumen lyx atau latex ke docx

Salah seorang ustadz di sekolah tempat saya ngajar menawari saya untuk menulis buku pelajaran. Sebagai percobaan, saya diberi satu bab untuk ditulis, yakni tentang peluang, materi yang saya nggak kuasai :D.

Tapi bukan itu masalahnya. Masalahnya adalah draf buku harus ditulis di Ms Word, nggak bisa di aplikasi lain, seperti Libre Office, apalagi format latex. Harus format *.docx. Padahal saya sudah setengah tahun nggak pakai Windows dan aplikasinya di laptop. Menyebalkan.

Memang ngetik bisa di libre dan disimpan sebagai docx. Tapi buku matematika itu banyak simbol araraneh, dan biasanya suka gagal ketika dibuka di Ms Word. Menyebalkan.

Beruntung google maha baik. Setelah googling sebentar, ternyata ada solusi cukup mudah untuk membuat berkas format docx tanpa harus memasang Ms Word. Caranya adalah dengan mengonversi berkas latex ke docx secara mudah lewat aplikasi pandoc.

Karena saya nggak bisa ngetik format latex (terlalu banyak perintah yang harus dihapalin :D), maka saya ngetiknya di LyX, lalau hasilnya dikonversi ke latex plain. Setelah itu, biar pandoc yang bekerja. Perintahnya mudah, sesuai dokumentasinya, tinggal mengetik:

$ pandoc -s namafile.tex -o hasil.docx

Dan huwalaa.. berkas docx pun jadi. Begini penampakannya ketika dibuka di komputer windows:
hasilnya

Sumber:
[1][2]

Ada komentar?

%d bloggers like this: