Unduh berkas ISO dengan zsync

Sebagainya sedang melamar jadi seorang tester distro BlankOn, mengunduh berkas iso sudah menjadi kewajiban. Masalahnya, berkas instalasi Linux zaman sekarang semakin gendut. Apa ini menyesuaikan dengan kondisi perut yang semakin maju? eh

Mari unduh mengunduh


Dengan koneksi yang seadanya, mengunduh berkas iso BlankOn yang mencapai 1,4 GB menjadi kesulitan tersendiri. Apalagi jika ternyata setiap minggu (bahkan tiap hari!) ada berkas iso baru hasil pembakaran pak Ir Robot Gedek SH alias irgsh.

Untunglah ada solusinya, yakni menggunakan aplikasi zsync. Apa itu zsync? Dari manualnya, zsync adalah:

zsync – Partial/differential file download client over HTTP

Dengan aplikasi ini, setelah kita berhasil mengunduh berkas iso, kita tidak perlu lagi mengunduh berkas baru ketika ada perubahan di berkas iso terbaru. Cukup mengunduh selisih perbedaannya dengan zsync, iso kita sudah bisa digunakan untuk menginstal. Jadi dengan aplikasi ini, kita tak perlu unduh ulang berkas yang mencapai 1,4 GB itu. Lebih hemat kuota :D.

Cara pemakaiannya mudah. Di direktori tempat berkas iso disimpan, lakukan perintah berikut:

$ zsync http://situs/tempat/unduh/berkas.iso.zsync 

Dengan perintah itu, nantinya zsync secara otomatis memerika berkas iso yang sudah kita unduh dengan berkas iso terbaru, mengunduh perbedaannya, dan lalu membangun ulang berkas iso tersebut.

Nah jika kamu telanjur mengunduh berkas .zsync (seperti yang saya lakukan), dan menjalankan perintah di atas, nanti akan muncul galat seperti di bawah:

$ zsync tambora-desktop-amd64.iso.zsync
reading seed file tambora-desktop-amd64.iso: *************Read tambora-desktop-amd64.iso. Target 90.9% complete.      
reading seed file tambora-desktop-amd64.iso.part: **************Read tambora-desktop-amd64.iso.part. Target 90.9% complete. 
URL 'tambora-desktop-amd64.iso' from the .zsync file is relative, but I don't know the referer URL (you probably downloaded the .zsync separately and gave it to me as a file). I need to know the referring URL (the URL of the .zsync) in order to locate the download. You can specify this with -u (or edit the URL line(s) in the .zsync file you have).
failed to retrieve from tambora-desktop-amd64.iso
Aborting, download available in tambora-desktop-amd64.iso.part
verifying download...

Itu artinya perintah zsync gagal. Untuk yang sudah telanjur diunduh, sebenarnya masih bisa digunakan, yakni dengan menambah parameter -k. Jadi perintah lengkapnya seperti ini:

$ zsync -k berkas.yang.sudah.diunduh.iso.zsync

Nanti niscaya hasilnya sama, selama koneksi internetnya tak mati :D.

Baiklah, selamat mencoba, gaes.

Ada komentar?

%d bloggers like this: