Melihat Header Email

[K]embali menuliskan tugas kuliah. Tugas terakhir dari kuliahnya pak Budi, tentang email attachment. Pertama, saya kirim email berupa lampiran/attachment dari alamat kampus ke gmail saya. Ada dua email, pertama berisi attachment gambar, yang kedua attachment file teks (.txt). Tak perlu diceritakan kan bagaimana caranya? :D. Berikut header email yang terkirim.

Bagian header dapat dianalogikan sebagai amplop surat. Berdasarkan RFC 5322, di bagian ini minimal harus terdapat siapa pengirimnya (From) dan waktu (origin-date). Selain itu bagian Message-ID dan in-reply-to disarankan untuk ada.

Namun biasanya sekarang header email sangatlah lengkap (lihat di atas). Ada sender, To, Subject, dll. Bagian header ini ditutup dengan baris baru dan ——=_Part_xxxxx.

Masuk ke bagian body. Berikut isi email yang dikirim

berikut file yang dilampirkan.

Di bagian ini terlihat jika yang dilampirkan adalah file teks dengan nama alin.txt. Untuk keamanan, lampiran ini dienkripsi dengan base64. Bagian berikutnya adalah file yang sudah dikodekan jadi tidak terbaca langsung.

Tapi ketika saya coba lampirkan file teks yang tidak pakai akhiran *.txt ternyata tidak diencoding -___-. Contohnya seperti ini:

Ada komentar?

%d bloggers like this: