Ubah ukuran tab di nano

Seperti biasa, sekadar cacatan kecil demi memenuhi kuota ODOA yang makin hari makin seret tulisannya. Kali ini mengenai cara mengubah aturan tab di nano.

Apa itu nano? Yang pasti bukan permen dong ya. Itu mah namanya nano-nano. Juga bukan nama orang, itu mah saudara saya. Nano yang dibahas adalah editor sederhana nan powerful yang biasanya sudah terpasang di linux. Eh beberapa distro tidak secara default pasang nano sih.

Dibandingkan dengan vim yang buat saya agak lebih susah, nano menawarkan kemudahan ketika harus mengetik dari konsol. Meski mudah, ada beberapa hal yang membuat nano agak menyebalkan. Salah satunya adalah settingan tab yang ukurannya terlalu lebar, mencapai 8 spasi. Jadi teringat kata-kata senior di Isola dulu, “Ruang adalah uang!”

Nah, agar supaya untuk dapat mengubah tab di nano, caranya ada dua. Pertama, menambah parameter -T setiap membuka dokumen tertentu. Contohnya:

Tapi kadang suka lupa kalau harus pakai parameter -T. Agar supaya pengaturannya permanen, mari buka berkas .nanorc yang berada di direktori rumah kita, lalu isi dengan aturan sebagai berikut:

Sudah cukup jelas kan ya. Baris pertama mengatur jarak tab, sementara baris kedua mengatur tipe tab, apakah mau tab biasa atau pakai spasi. Saya lebih suka pakai spasi karena kalau pakai tab kadang suka berubah ketika dibuka di editor lain.

Bonus. Agar supaya nano bisa membaca berkas-berkas tipe tertentu, di berkas .nanorc tambahkan pengaturan lain. Misalnya agar bisa membaca berkas java, python, shell, atau php, bisa ditambahkan aturan berikut:

Yasudah sekian dulu. Mohon maaf kalau ada salah-salah tulis.

Ada komentar?

%d bloggers like this: