Agar supaya dorong ke git tidak terus-terusan ditanya password

JADI begini. Sejak semalam saya kebagian tugas pindah-pindah berkas proyek paket BlankOn. Jadi mulai versi Uluwatu, rencananya pengembangan tidak lagi menggunakan bzr, tapi menggunakan git. Supaya kekinian :D. Berkasnya pun nantinya disimpan di GitHub.

Namanya pindah rumah, tentu saja banyak berkas yang harus dipindahkan. Dari hasil perhitungan pak ketua koordinator pemaket, setidaknya ada 297 paket yang harus dipindahkan sekaligus diubah jadi proyek berbasis git. Saya sendiri kebagian 20 paket. Lumayan banyak :D.

Karena pada dasarnya manusia pemalas kan ya, makanya akan lebih mudah jika melakukan migrasi proyek menggunakan skrip. Seperti skrip yang dibuat oleh Pak Yusri di bawah ini (dengan perubahan seperlunya oleh si saya):

 

Cara penggunaannya pun mudah. Kita tinggal menuliskan nama paket di belakang berkas shell ini di terminal. Contoh:

Nanti si skrip dengan senang hati melakukan perintah kloning bzr, init git, dan seterusnya. Selesai?

Tentu saja belum. Masalahnya adalah, setiap kali hendak mendorong (push) proyek ke github, sistem akan selalu menanyakan password SSH kita. Tadinya mau migrasi otomatis jadi nggak jadi. Tapi apakah bisa diakalin? Tentu saja bisa.

Dari hasil googling, kita bisa memaksa agar sistem mengenali password ssh kita sehingga cukup sekali saja minta passwordnya, setelah itu tidak perlu diminta lagi. Caranya seperti ini:

 

Sekian saja. Selamat shaum bagi yang menjalankannya. Wasalam.

Ada komentar?

%d bloggers like this: