Mengakses OS host Virtualbox lewat SSH

Mencoba banyak sistem operasi tak harus langsung dipasang di komputer. Jika sekadar coba-coba, pakai Virtualbox jauh lebih mudah, karena kita tak perlu melakukan pengaturan partisi dan kawan-kawannya. Seperti mengetes distro Linux BlankOn yang sedang dikembangkan. Masalahnya, buka Virtualbox di laptop ini cukup berat, padahal RAM sudah mentok diupgrade ke 16 GB. Apakah bisa diakses pakai cara lain?

Tentu saja bisa, salah satunya lewat SSH. Karena untuk mengetes (dan melakukan build berkas debian), sebenarnya tidak perlu mengaktifkan layarnya, cukup akses terminalnya saja. Apalagi dengan cara ini, saya bisa melakukan salin tempel dari OS host ke OS BlankOn dengan mudah.

Bagaimana caranya? Dari hasil googling, sebenarnya sudah jelas. Dari tautan ini, cara paling mudah adalah dengan mengatur adaptor jaringan yang digunakan. Jadi begini langkahnya:

  1. Jika OS di Virtualbox masih berjalan, matikan dulu
  2. Buka Pengaturan > Jaringan , lalu pada adaptor 1 atur adaptor terpasang pada NAT
  3. Pada adaptor 2, atur adaptor terpasang pada Adaptor Hanya-Host , dan pilih nama Adaptor yang sesuai (di saya yang aktif vboxnet0  dengan IP 192.168.56.1  dan vboxnet3  dengan IP 192.168.59.1 . Pilih salah satunya)
  4. Simpan pengaturan, dan nyalakan kembali sistem operasinya
  5. Untuk sementara tampilkan dulu OS dari guestnya, lalu di terminal ketik ip addr  dan catat nomor IP yang tertera misalnya 192.168.59.101
  6. Pasang openssh-server  di guest. Jika di turunan debian, ketik sudo apt install openssh-server
  7. Dari terminal di host alias laptop kita, coba akses guest lewat ssh: ssh namauser@192.168.59.101

Seharusnya sampai langkah itu, kita sudah bisa akses OS Guest. Tapi semenjak update openSuse tadi malam (28-07-2017), tiba-tiba saja saya tidak bisa akses lewat SSH. Dari hasil googling lagi ketemu tautan ini (diatur lewat terminal). Untuk pengaturan lewat VirtualBox GUI, begini caranya:

  1. Matikan dulu OS guest
  2. Kembali buka menu Pengaturan > Jaringan , lalu pada adaptor 1 klik submenu tingkat lanjut > Penerusan Port
  3. Masukkan pengaturan seperti berikut (port Host sepertinya bebas):

Nyalakan lagi OS guest, dan di terminal di host, coba lgi akses lewat ssh: ssh -p 3302 namauser@127.0.01
Jika berhasil, seharusnya kamu sudah bisa masuk ke OS guest. Tampilannya kira-kira seperti ini:

Nah supaya lebih memudahkan lagi, kita bisa menyalakan OS guest tanpa harus membuka aplikasi VirtualBox dulu. caranya menggunakan VBoxHeadless . Misalkan os guest kita beri nama blankon. Lakukan perintah berikut:

Sementara untuk mematikannya, lakukan perintah berikut:

Dan supaya lebih lebih memudahkan lagi, kita bisa melakukan alias  yang disimpan di berkas .bashrc  (atau .zshrc  kalau pakai zsh).

Aktifkan berkas itu dengan perintah source ~/.bashrc dan coba nyalakan lagi:

Dan untuk mematikannya, lakukan perintah berikut:

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Ada komentar?

%d bloggers like this: