Belajar LaTeX (Lagi), Pasang IEEEtran.cls di LyX

[G]ara-gara mau ngerjain tugas akhirnya pak Budi, jadi pengen coba-coba LaTeX. Supaya rada gaya hehe. Apa itu LaTeX? yang pasti bukan karet. Cari saja definisnya di google ok :D.

Salah satu program pengolah kata untuk LateX adalah LyX . Program ini menyediakan kemudahan bagi para penulis yang nggak mau repot menulis manual (seperti teman saya yang sedang mengerjakan tesis di negeri doraemon sana :D). Dengan prinsip What You See is What You Mean (WYSIWYM), apa yang kita ketikkan nantinya yang akan keluar dala bentuk PDF atau DVI atau PS.

Bagusnya LyX , selain gratis (:D) juga menyediakan template yang sangat beragam untuk keperluan penulisan. Seperti untuk buku, tesis/skripsi, jurnal, artikel,dll. Namun karena format layout dari masing-masing institusi itu suka berbeda-beda, nggak mungkin semuanya langsung diadakan oleh si LyX. Layoutnya mungkin ada, tapi document classnya nggak ada. Seperti untuk layout IEEE, standar penulisan jurnal IEEE.

Nah ternyata memasang IEEEtran.cls (document class milik si IEEE) itu gampang-gampang susah. Sebulan lalu pernah coba instal, tapi gagal :(. Padahal sudah saya simpan itu file di tempat seharusnya. Tapi apa daya ternyata masih nggak kebaca :(.

Setelah melakukan googling beberapa kali, akhirnya ketemu deh caranya hehe.. Langkah pertaa, tentu saja unduh itu file IEEEtran.cls. Setelah diunduh, simpan file di /usr/share/texmf/tex/latex/IEEEtran. Kalau direktori itu belum ada, ya dibikin dulu.

Sudah? Tentu saja belum. Setelah berhasil disimpan di sana, silakan jalankan program texhash lewat root.
$ sudo texhash
Kalau sudah, baru buka LyX , dan rekonfigurasi si LyX nya di Tools>Reconfigure. Kalau sudah, silakan buka New from Templates, dan buka IEEEtran.lyx.

Contoh penulisan formula di wordpress 😀
 |A|^{2}=|f(A^{*}A)|=(pi_{f}(A^{*}A)x_{f},x_{f})=|pi_{f}(A)x_{f}|^{2}.

Ada komentar?

%d bloggers like this: