Startup (lagi)

SUDAH hari Jumat aja. Mau nulis apa ya buat edisi #juliNgeblog hari ini? karena belum ada ide, mari kita nulis tentang startup lagi. Eh, nulisnya yang benar startup, start up, atau setarap sih? halah.

Tapi bukan membahas hasil diskusi yang digelar Kamis lalu. Tulisan ini hanya membahas tentang kata startup atau start up atau setarap. Kenapa? Iya, pertanyaan awal saya ketika mendengar kata itu adalah, kenapa? Kenapa menggunakan kata start up?

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, startup “merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.”

Masih menurut Wiki, startup selalu diidentikkan dengan perusahaan berbasis dot-com atau teknologi. Pasalnya, istilah ini mulai populer saat munculnya gelembung dot-com pada era 2000-an lalu.

Jika merujuk pada definisi di atas, startup sebenarnya berlaku umum dong ya. Artinya perusahaan apapun yang belum lama beroperasi bisa disebut startup. Tapi kenapa ya istilah ini biasanya selalu diidentikkan dengan perusahaan Ai Ti. Startup game lah, startup web dev lah, startup mobile dev lah, dll dll. Padahal kan perusahaan yang belum lama beroperasi banyak macamnya, misal Maicih yang digagas Bob Merdeka, atau perusahaan catering bubur misalnya (kalau ada)?

Dan yang lebih penting, kenapa harus pakai kata bahasa Inggehis? Apakah di Bahasa Indonesia istilah ini nggak ada padanan katanya? Kalau menurut Wikipedia sih padanan katanya perusahaan rintisan. Atau -menurut istilah dika- boleh disebut pelaku UKM?

Jika perusahaan bubur atau perusahaan keripik pedas biasa disebut pelaku UKM, kenapa kalau perusahaan pembuat game atau pembuat aplikasi mobile nggak disebut UKM juga?

Asudahlah. Mungkin penggunaan bahasa Inggehis akan membuat lebih terkesan gaya dan bonafid ya. Atau mengikuti perkembangan global kali ya, apa-apa kan dibilang startup :D.

*menulis iseng sambil menunggu antrian layout tiba*

Ada komentar?

%d bloggers like this: