Blognya sembuh lagi

ALHAMDULILLAH akhirnya blog berbayar ini sembuh juga. Setelah dua hari tiba-tiba nggak bisa masuk dashboard -dan bahkan nggak bisa diakses sama sekali- akhirnya sekarang kembali normal. Setidaknya sampai blog ini diketik, blognya masih sehat wal afiat.

Seperti ditulis di sini, blog tercinta yang masih saja ada nyangkut di hasil pencarian google tiba-tiba saja bermasalah. Awalnya ketika mau approve komentar dari aplikasi di Android, kok nggak bisa? Juga ketika dicoba di peramban.

Setelah mengadu di halaman fanspage Pusathosting, katanya saya harus menimpa berkas wordpress. Tapi bagaimana caranya? Apa harus install ulang? Katanya sih nggak usah. Karena saat itu sudah malam dan sebentar lagi Lebaran, akhirnya saya biarkan blog ini mati suri. Kasihan.

Nah, tadi sore penasaran kok masih mati saja ini blog. Saya pun coba ikuti saran mas cs dengan menimpa berkas wordpress. Karena nggak punya aplikasi ftp (dan nggak mau install karena sepertinya repo fedora yang harus diunduh sudah gede), akhirnya pakai si midnight commander alias mc.

Mengunggah berkas sebesar 21 MB ke server lewat ftp ternyata sangat lambat ya. Padahal ini pakai koneksi 4G Indosat yang lumayan kencang. Tapi di ftp cuma kebagian < 10 kb/s. Akhirnya butuh waktu hampir satu jam untuk mengunggah dan menimpa seluruh berkas dengan wordpress versi terbaru.

Ok, semua berkas sudah diunggah. Mari kita coba akses ke ha.hn.web.id. Horeee akhirnya blognya bisa kembali dibaca. Buka salah satu postingan, ternyata normal juga. Termasuk postingan page bisa dengan mudah dibuka tanpa ada error.

Sayangnya, ketika coba login, masih error juga. Masih menampilkan error 503 service unavailable. Ini kenapa???????

Dari hasil googling, katanya saya harus coba pakai plugin rename-wp-login buat mengakali si berkas wp-login.php yang error itu. Tapi bagaimana cara mengkatifkan pluginnya, sementara untuk pasang plugin saya harus login dulu? Meh.

Baca-baca lagi postingan yang mirip (dan ternyata banyak juga yang mengalami masalah ini), ada saran untuk menonaktifkan dulu semua plugin. Caranya gampang, ubah nama direktori plugins (yang ada di direktori wp-contents) dengan nama lain. Dengan cara ini, seluruh plugin otomatis akan dinonaktifkan.

Hasilnya? Alhamdulillah ternyata mujarab. Saya bisa kembali masuk ke dashboard. Horeee… Jadi sampai sini, bisa disimpulkan bahwa ada plugin yang error sedemikian sehingga bermasalah dan menyebabkan saya nggak bisa login. Tapi plugin apa?

Saya coba aktifkan satu persatu plugin, tapi sampai seluruh plugin diaktifkan, ternyata halaman wp-admin baik-baik saja. Awalnya saya curiga sama plugin Google Analytics Dashboard, karena pas diaktifkan hasilnya cuma halaman kosong. Tapi waktu dimuat ulang, normal lagi. Juga waktu mengaktifkan plugin wp Anti Telkom Ads.

Tersangka utama tinggal plugin Badudu Js. Karena pas coba diaktifkan, muncul error yang saya nggak tahu apa maksudnya. Yang pasti bermasalah dengan varnish. Hm.. bisa jadi memang plugin ini yang bermasalah.

Yasudahlah, daripada kembali error, untuk saat ini plugin Badudu JS saya nonaktifkan dulu. Semoga blog ini tetap sehat wal afiat. Sayang sudah bayar kok error terus :D. Jadi mari kita ramaikan kembali blog ini, dan kembali tinggalkan blog gratisan itu :D.

3 Thoughts.

  1. Horeeee blognya normal lagi. Aku kurang ngerti sih sama tool dan perintilan lainnya di wordpress. Taunya cuma posting dan komen aja. Punya akun WP pun cuma buat memudahkan komen pas BW aja hehe. Salam kenal 🙂

Ada komentar?

%d bloggers like this: