Buku Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Draf Maret 2016, mau?

Indonesia memang hebat. Sebulan sebelum masuk tahun ajaran baru, sebagian guru (terutama saya sih) masih kebingungan dengan kurikulum apa yang akan dipakai nantinya. Lalu awal Juni turunlah peraturan menteri mengenai perubahan terbaru tentang kurtilas yang tidak jelas itu.

Hebat sekali. Memangnya sambel enak kalau dadakan. Lah ini kurikulum yang akan digunakan untuk memajukan generasi bangsa?

Untunglah ternyata nggak sedramatis itu. Kata senior saya yang guru beneran (beda dengan saya yang statusnya pengajar kurang ajar), meski permennya baru turun Juni (dan baru disebar bulan Juli), persiapannya nggak semendadak itu, meski tetap mepet.

Salah satunya mengenai buku. Jadi katanya sebelum permen mengenai perubahan terbaru kurikulum 2013 terbit, draf bukunya sudah dibuat. Ingat ya, draf. Artinya isinya masih bisa berubah lagi.

Nah bagi yang mencari berkas buku pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013 revisi terbaru, silakan diunduh di sini. Tenang, ini bukan jebakan betmen, tautannya langsung ke google drive kok. Saya pakai bit.ly supaya tahu berapa orang yang mengunduh dari situs ini :D.

Ngomong-ngomong lisensi buku ini apa ya? Semoga saya nggak menyalahi aturan dengan membagikan tautan ini. Ini murni demi masa depan anak bangsa yang lebih baik :D.

Apa bedanya dengan buku tahun lalu? Jauh berbeda. Setidaknya dari banyak bab yang dibahas. Di buku lama, ada 12 bab yang harus dipelajari sama siswa kelas X, sementara di buku draf ini, hanya ada 4 bab saja.

Tapi jadi curiga, jangan-jangan ini buku hanya untuk semester 1 saja? Tapi kalau baca permen no 24/2016 tentang KI/KD, yang dibahas memang cuma 4 bab itu. Mungkin kalau dikembangkan naik sedikit, tapi materi intinya yang 4 bab itu.

Semoga saja tidak bertambah lagi. Pusing, jenderal!


Sekali lagi, ini tautannya: http://bit.ly/matkelasx2016

2 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: