Uzone yang menyebalkan

Sedang enak-enaknya berselancar internet sambil mengompilasi program, tiba-tiba aplikasi yang sedang saya buka memunculkan error. Build failed katanya. Ah kenapa ini? Dasar prohremer amatiran!

build failed

build failed


Selidik punya selidik, ternyata masalahnya bukan di kode yang memang masih awut-awutan itu. Yang jadi masalah adalah koneksi internetnya. Hah kenapa?

Jadi saat membangun berkas gradle, aplikasi Andro Studio biasanya mengecek repositori secara daring. Sebenarnya ini bisa dimatikan sih, tapi pengaturan umumnya diaktifkan. Nah saat berusaha terkoneksi ke repositori bintray.com, koneksinya gagal. Karena apa? ya, gagal karena ulah si uzone.id.

Yang lebih ironis adalah ketika mau buka google lewat firefox, tiba-tiba saja domainnya tak ketemu! Seperti biasa, kalau domainnya tak ketemu, si uzone suka mengarahkan laman ke mercusuar. Ini tangkapan layarnya.

All hail Uzone

All hail Uzone

Lucu juga, situs sebesar google.com bisa tak ketemu sama indirumah. huft.

Dari hasil googling dan baca di kaskus, salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan memasukkan domain cf2.uzone.id ke berkas hosts dan diarahkan ke alamat 127.0.0.1. Kalau di Linux letaknya di /etc/hosts. Mari kita coba, apakah ini menjadi solusinya? Kita lihat minggu depan :D. Maklum di rumah cuma mengandalkan tethering dari koneksi Indosat :D.

Omong-omong, koneksi indosat juga bukannya tak bermasalah sih. Setiap buka situs, pasti ada berkas js yang mau disusupkan si Indosat. Berkas yang beralamat di ip 114.6.128.4 itu selalu berusaha dimuat ketika kita buka situs. Apakah solusi semacam hosts juga ampuh untuk menghadapi penyusup macam ini? Semoga saja. Sudah malas nih dengan kelakuan penyusup ini.

Nasib konsumen Indonesia. Sudah bayar tetap saja disodori iklan dengan cara murahan. Huh.

Ada komentar?

%d bloggers like this: