Salin tempel teks ke Android Emulator

Sudah beberapa minggu saya tidak lagi pakai Genymotion. Sebenarnya enak pakai geny untuk emulator aplikasi Android. Sayangnya, android terbaru di geny susah dipasangi aplikasi google, macam google play dan kawan-kawannya. Akhirnya kembali menengok Android Emulator bawaan yang katanya berat.

Masa sih? Kata siapa sih emulator bawaan Android Studio berat? Memangnya sudah ada yang pernah nimbang beratnya? Halah. Kembali ke topik.

Salah satu kelebihan emulator bawaan adalah kita bisa mengunduh berkas citra (image) android yang sudah dibundel dengan aplikasi Google. Sedemikian sehingga jika aplikasi kita mengharuskan keberadaan akun google, ini sangat memudahkan. Tak perlu lagi pasang gapps pihak ketiga atau opengapps yang di geny saya kadang suka nggak berjalan baik.

Meski demikian, bukan berarti emulator ini sudah sempurna. Yang sempurna hanya Tuhan dan lagu Andra and The backbone. Salah satu kekurangannya adalah kita tidak bisa salin tempel alias copy paste teks dari komputer ke emulator. Jadi mesti ditulis manual supaya widget EditText aplikasi kita mau diisi dengan teks. Kan ribet.

Untunglah ada cara lain yang agak lebih mudah. Setidaknya tidak harus tulis ulang, meski tetap agak ribet karena harus buka terminal atau konsol. Begini caranya. Pertama, arahkan kursor ke widget EditText yang akan diisi teksnya. Lalu buka terminal dan jalankan perintah ini.

Ya sudah. Sekian saja. Wassalam.

Ada komentar?

%d bloggers like this: