Mempercepat proses booting di openSuse

Sejak menggunakan harddisk tipe SSD pada Agustus tahun lalu, waktu booting laptop lenovo saya semakin cepat. Tidak ada lagi waktu untuk menyiapkan kopi sambil menunggu laptop selesai melakukan proses booting. Tapi kemudian negara api menyerang. Waktu booting tiba-tiba melambat. Ada apa ini?

Dari hasil systemd-analyze, waktu booting paling makan waktu di bagian initrd. Ada apa ini sebenarnya?

Sudah beberapa kali googling masih belum ketemu solusinya. Untung di bulan yang penuh rahmat ini, akhirnya saya dapat petunjuk. Dari pertanyaan di forum openSuse ini, ternyata bukan saya saja yang mengalaminya. Dari forum itu, hinggaplah saya di tautan ini.

Dari halaman bugzilla itu, Pak Daniel melihat ada keanehan dari hasil perintah journalctl --system -a. Karena penasaran, saya pun coba lihat hasil journalctl punya laptop ini. Hasilnya seperti ini:

Wah masalahnya sama! Karena penasaran, saya cek partisi mana yang punya uuid ini: /dev/disk/by-uuid/81f39963-dc7d-48c7-a814-cdd095a4961e. Hasilnya? Ternyata partisi itu tidak ada!

Ya pantas saja bootingnya lama, karena sistem menunggu siapa tahu si partisi yang tidak ada itu dapat dihidupkan kembali dari tidur panjangnya alias hibernate.

Bagaimana mengatasinya? Yang paling mudah ya hapus parameter resume=/dev/disk/by-uuid/81f39963-dc7d-48c7-a814-cdd095a4961e saat booting. Begini yang saya lakukan:

  1. Buka YasT -> pilih Boot loader
  2. Pada tab Parameter Kernel, hapus resume=/dev/disk/by-uuid/81f39963-dc7d-48c7-a814-cdd095a4961e
    parameter kernell -YasT

    parameter kernell -YasT

  3. Klik OK, nanti YasT akan membuatkan initrd yang baru

    Proses membuat initrd

    Proses membuat initrd

Untuk melihat perbedaannya, silakan nyalakan ulang laptopnya. Lalu bandingkan hasilnya dengan mengecek hasil systemd-analyze. Di laptop saya, ini hasilnya:

Horee berhasil.. Kini tak ada waktu lagi untuk buat kopi saat booting laptop 😀

 

Ada komentar?

%d bloggers like this: