Mengatasi error transformClassesAndResourcesWithProguardForRelease

Setelah lama tak ditengok, seminggu terakhir berkas proyek punya kantor kembali dibuka. Belum banyak yang berubah, lalu saya coba lakukan build APK rilis.. Hasilnya? Gagal. Total. Muncul error seperti ini:

~Build gagal~

Ini kenapa?

Kalau tak salah, terakhir build rilis apk sekitar Juni lalu masih aman-aman saja. Saya masih bisa build dengan baik dan bisa unggah APK ke playstore. Tapi kenapa sekarang tiba-tiba tidak bisa? Padahal saya cuma tambah librari RXJava supaya kekinian. Masa cuma nambah librari itu saja jadi error? Errornya seperti ini:

Anehnya, error ini cuma terjadi jika saya melakukan build rilis. Kalau build debug biasa masih bisa. Berarti masalahnya ada di konfigurasi rilis. Tapi apa? Saya coba nonaktifkan settingan minifyEnabled  menjadi false , lalu build ulang. Hasilnya? Berhasil. Wah… Jadi masalahnya ada di sini. Dari hasil googling dan ubek-ubek stackoverflow, tersangka utama ada di berkas proguard. Saya coba matikan proguard, dan benar, build berhasil.

Salahnya di mana? Karena perasaan saya tak lagi ulik lagi berkas proguard-rules.pro . Ubek-ubek SO lagi, katanya itu warning harus di-ignore. Tapi caranya bagaimana ya?

Dari hasil coba-coba, ternyata solusinya simpel. Cukup tambahkan dua baris berikut di berkas proguard-rules.pro :

Coba build lagi, dan… kali ini berhasil. Fyuh… Ternyata cuma begitu doang 😐

Ada komentar?

%d bloggers like this: