Debug aplikasi android di ponsel lewat wifi

KETIKA melakukan debug aplikasi Android yang sedang dikerjakan, biasanya saya menggunakan emulator bawaan Android Studio. Selain praktis -karena tak perlu punya ponsel terbaru demi bisa mencicipi Oreo- juga tak perlu ribet dengan kabel USB. Tapi apa daya, seharian ini emulator Android bawaan sering bermasalah, jadi terpaksa harus coba aplikasi di ponsel langsung.

Masalahnya, ternyata kabel USB charger berwarna pink hasil hadiah kuis yangmulia kadel sudah mulai ngadat. Colokan yang menancap ke port USB ponsel sudah aus dan sering goyang-goyang sehingga kadang si ponsel tak terbaca dari laptop karena kabelnya sering lepas.

Setelah googling sebentar, saya baru tahu bahwa ternyata kita bisa melakukan debug dari Android Studio langsung lewat jaringan wifi! Duh, ke mana aja pak selama ini? Makanya dokumentasi teh dibaca, pak!

Jadi langsung saja. Caranya begini. Pertama, pastikan laptop dan ponsel mengakses jaringan wifi yang sama. Selain itu, pastikan tidak ada emulator yang sedang berjalan. Kalau ada, mending ditutup dulu. Setelah itu:

  1. Hubungkan ponsel dengan komputer lewat kabel USB. Ya, kita masih butuh kabel USB untuk sekarang
  2. Atur port yang akan digunakan, menurut dokumentasi sih pakai port 5555 (biasanya port 5554)
  3. Sekarang kabelnya bisa dilepaskan.
  4. Hubungkan ponsel kamu dengan komputer. Sebelumnya pastikan kamu tahu berapa alamat IP ponsel kamu. Lalu lakukan perintah berikut: $ adb connect ip.lokal.ponsel.kamu.berapa
  5. Cek apakah ponsel kamu sudah terbaca atau belum dengan perintah berikut.

Di situ terlihat bahwa ponsel saya dengan IP 192.168.200.129 sudah terbaca. Kalau sudah terbaca, saatnya coba debug, apakah bisa? Harusnya bisa dong ya. Kalau tidak bisa, coba lagi mungkin ada langkah yang salah atau terlewat. Kalau masih belum bisa juga, terimalah nasib dengan selalu menggunakan kabel USB.

Tabik!

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: