Mencoba Apache Netbeans di Mac

Halo selamat page, sudah lama tidak menulis di sini ya. Padahal ada beberapa tulisan yang nasibnya nambru di draft. Baiklah, kali ini tulisannya pendek saja, tentang memasang Apache Netbeans di Mac.

Sudah lama saya todas mencoba Netbeans. Kalau tak salah terakhir coba masih versi 8.2, waktu ngajar Java. Versi terakhir yang dirilis 2016 silam.

Lama tak jumpa, sekarang Netbeans berubah menjadi Apache Netbeans, dan logonya pun berubah menjadi lebih segar. Halah cai meureun segar… Untuk mengunduh Apache Netbeans terbaru, silakan klik tautan berikut.

Khusus untuk Mac, ada cara yang lebih mudah untuk instalasinya, yakni dengan menggunakan skrip dari sini. Jadi kita tak usah unduh berkas zipnya, tapi si skrip itu akan otomatis memasangkan aplikasi Netbeans ke tempat yang seharusnya. Kalau sudah, hasilnya bisa dilihat di direktori Applications.

Tapi.. ternyata aplikasinya tidak jalan dong. Hmm kenapa ini? Dicoba lewat terminal, ternyata ada masalah di Java. JAVA SDK yang saya pasang lewat sdkman tidak terbaca.

Saya jalankan perintah java_home pun tidak terbaca. Hmmm..

Dari hasil googling, ternyata kita harus mengedit berkas netbeans.conf yang berada di /Applications/NetBeans/NetBeans 9.app/Contents/Resources/NetBeans/etc. Tambahkan baris ini di berkas tersebut. Jangan lupa pakai sudo, karena ini berkas punya root.

Jika dibuka ulang, Netbeans akhirnya bisa dibuka. Hore… Akhirnya saya bisa ngoding Java lagi di Netbeans!

Tapi belum beres ternyata pemirsa. Netbeans versi 9.0 membutuhkan JDK minimal versi 9 jua, sementara saya masih pakai versi 8, karena untuk kebutuhan Android itu sudah cukup. Untuk itu, install versi Java versi 9 lewat sdkman. Saya pakai yang zulu.

Karena kita menggunakan versi 9 sebagai JDK default, maka berkas netbeans.conf tak usah diubah lagi, karena sudah mengarah ke versi current alias yang default. Setelah beres pasang JDK 9, harusnya kita sudah bisa buka Netbeans. Horeeee.. Selamat!

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: