Mengoreksi pembacaan GPS emulator Android

Seperti postingan sebelumnya, tulisan ini sebenarnya kelanjutan dari postingan yang membahas cara membaca lokasi pengguna Android. Karena malas edit dan agar tulisan di blog ini tambah banyak, tak ada salahnya dibuat tulisan tersendiri. Supaya apa?

Di postingan yang itu dijelaskan bahwa untuk membetulkan pembacaan GPS emulator, caranya adalah dengan melakukan perintah berikut lewat telnet:

Setelah itu kembali jalankan emulator dan cobalah dapatkan data koordinat lintang dan bujur. Berhasil?

Ternyata tidak semudah itu, kawan. Pembacaan kordinatnya memang berhasil, tapi data yang dibaca bukan data yang kita masukkan di menu Settings > Location. Data yang terbaca adalah koordinat 34.180180, 86.6189 yang berada di Amerika Serikat. Mungkin lokasi Google.

Kalau begitu, bagaimana cara membetulkannya?

Kawan, ternyata bukan itu caranya. Yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka menu Settings > Location, masukkan koordinat di form yang ada, klik tombol SEND, dan terakhir, buka aplikasi Google Maps di emulator. Nanti di aplikasi Google Maps akan terlihat posisi marker akan berpindah sesuai koordinat yang diberikan.

Entah apakah ini merupakan kutu di emulator atau bukan, yang pasti selama ini baru langkah itu yang bisa dilakukan agar si emulator dapat mengemulasi koordinat GPS sesuai keinginan kita. Mungkin ada cara yang lebih mudah, tapi sejauh ini saya belum menemukannya.

Begitulah. Selamat berakhir pekan. Jangan lupa bahagia.

Ada komentar?

%d bloggers like this: