Mengunduh berkas di Google Drive lewat terminal dengan wget

Ada kalanya mengunduh berkas dari internet ‘terasa’ lebih kencang jika menggunakan terminal. Dalam hal ini menggunakan wget atau axel. Tapi bagaimana jika berkasnya disimpan di Google Drive? Apakah bisa diunduh lewat terminal?


Jawabannya tentu saja bisa. Berikut dokumentasinya setelah berhasil mengunduh berkas (game bajakan) ukuran besar dari Google Drive.

Sebelum ke intinya, mau cerita dulu. Agar tulisannya agak banyak. Jadi begini, sejak Senin (29/01/2018) jam 8 malam saya berusaha mengunduh berkas ROM untuk emulator PCSX2 yang baru saya pasang dari repo openSUSE. Berkas itu harus diunduh dari Google Drive entah punya siapa. Jumlah berkasnya ada dua, dengan total hampir 300 MB.

Sialnya, koneksi modem XL sedang dalam kondisi mengkhawatirkan sekali. Sampai jam 11 malam, berkas yang terunduh baru sekitar 20-an MB. Padahal pagi-pagi saya harus berangkat kerja, supaya tidak kesiangan lagi seperti Senin pagi.

Karena malas simpan tautan (dan juga sudah mengantuk), jadi terpikir untuk sementara menyimpan berkasnya di VPS sendiri. Kebetulan VPS yang saya sewa di Digital Ocean baru terisi sekitar 8 GB, masih ada 11-an GB yang bisa dimanfaatkan. Jadi kenapa tidak untuk sementara menyimpan berkasnya di sana?

Tapi caranya bagaimana? Untunglah google memang baik hati. Dengan sekali pencarian, saya temukan caranya. Hanya memanfaatkan aplikasi wget dan beberapa perintah linux lain. Skrip di bawan digunakan untuk mengunduh berkas berukuran besar yang sebelumnya kita diharuskan untuk melakukan konfirmasi.

Kalau ukuran berkasnya kecil, bisa menggunakan skrip di bawah:

Ya begitulah. Silakan mencoba, semoga berhasil!

Ada komentar?

%d bloggers like this: