Menghilangkan peringatan compile is obsolete di Android Studio 3.1

Halo selamat pagi, siang, sore, malam. Ketemu lagi dengan saya yang kini tidak jomlo lagi~.. Mumpung ada ide mau nulis blog, mari kita isi blog ini yang sudah sebulan ditinggalkan penulisnya karena mempersiapkan keris kawin. Tema kali ini masih tentang android.

Jadi ceritanya Google kembali meluncurkan versi baru Android Studio, sekarang versinya 3.1. Ada beberapa perubahan yang cukup mencolok dari versi sebelumnya (saya pakai 3.0.1). Setidaknya ada dua yang kelihatan: kolom search atau filter yang kembali melebar di bagian logcat, dan tampilan proses build gradle. Atau apalah itu namanya.

Oke, yang pertama, mengenai tampilan search di logcat, sependek pengetahuan saya mulai merasa aneh sejak versi 3.0 keluar. Saya pernah tanya masalah tampilan ini di grup ADB, tapi sepertinya tidak semua orang atau OS yang bermasalah. Setidaknya di Mac tampilannya normal-normal saja. Tapi di Linux, dalam hal ini openSUSE 42.3 (GNOME) agak bermasalah. Tampilannya seperti ini.

Hal ini lumayan menyulitkan ketika saya ingin mencari/filter sesuatu dari logcat. Akhirnya karena kolom search-nya cuma seuprit, saya jadi mengandalkan fitur ctrl+f. Untunglah di versi sekarang, tampilannya kembali normal, seperti ini.

Nah ada satu lagi yang berbeda, yakni tampilan build tree yang menampilkan detail build ketika kita melakukan build atau sekadar sync gradle. Di sana pun ditampilkan beberapa peringatan ataupun error jika ada.

Nah salah satu yang mengganggu adalah tampilnya peringatan tentang compile yang sudah obsolete. Di berkas build.gradle (app), sejak versi 3.0 lalu sudah saya ganti semua tulisan compile dengan implementation, dan selama ini baik-baik saja, tidak ada peringatan kesalahan. Tapi sejak update versi Android Studio (termasuk update versi gradle, kotlin, dkk), muncul peringatan yang cukup mengganggu:

error

Sudah beberapa kali saya cari, di berkas gradle tidak ada lagi tulisan compile, semua sudah diganti implementation. Kecuali compileSdkVersion dan compileOptions. Selain itu tidak ada lagi. Lalu dari mana peringatan itu berasal?

Selidik punya selidik, ternyata masalahnya ada di salah satu pustaka yang disertakan. Berdasarkan informasi dari SO, untuk menghilangkan peringatan itu, cukup update versi classpath 'com.google.gms:google-services:3.1.1' ke classpath 'com.google.gms:google-services:3.2.0'. Lalu coba sinkronkan lagi. Insya Allah peringatan itu sudah hilang.

Demikian untuk menjadi perhatian. Dump. Selamat pagi, siang, sore, malam.

Ada komentar?

%d bloggers like this: