Mengatasi masalah Gradle di Android Studio 3.1.2

Hari ini, Selasa 24 April 2018, Google kembali merilis update Android Studio versi stabil. Yakni Android Studio versi 3.1.2. Menurut catatan rilisnya, ada beberapa pembaruan di update kali ini. Salah satu yang paling penting adalah masalah delay/hang ketika mengedit berkas gradle.

Android Studio versi 3.1.2

Android Studio versi 3.1.2


Kemarin, kutu ini lumayan bikin ganggu ketika saya lagi coba update versi beberapa pustaka. Setiap mau mengedit sebuah baris, AS tiba-tiba ngehang selama beberapa detik. Nah, setelah diupdate, masalah ini akhirnya hilang. Untuk perubahan lainnya, silakan baca di sini saja.

Pemberitahuan update Android Studio

Pemberitahuan update Android Studio

Tapi.. kini muncul error lain. Setelah sukses update versi, saat melakukan build gradle muncul masalah, yakni ada ketidakcocokan versi gradle. Walah. Galatnya seperti ini:

Configuration on demand is not supported by the current version of the Android Gradle plugin since you are using Gradle version 4.6 or above. Suggestion: disable configuration on demand by setting org.gradle.configureondemand=false in your gradle.properties file or use a Gradle version less than 4.6.

Di situ ditulis cara mengatasinya, yakni dengan mengedit berkas gradle.properties. Sayangnya ternyata tidak ada perubahan, pesan galat masih muncul ketika dicoba build ulang. Dari hasil googling di SO, solusinya adalah kembali menggunakan gradle versi bawaan Android, yang di laptop saya terinstall versi 4.4.

Setelah dicoba mengedit berkas gradle-wrapper.properties ( sekalian update ke versi 4-5-all.zip) dan meminta AS menggunakan gradle bawaan, AS bisa kembali build aplikasi.

Selesai? Sebenarnya sudah. Tapi karena saya pakai gradle dari sdkman yang versinya sudah 4.6, akhirnya cari cara lain supaya si gradle ini yang dipakai. Dari hasil percobaan, ternyata masalahnya ada di android gradle plugin.

Sudah ada update, tapi di mana berkasnya?

Sudah ada update, tapi di mana berkasnya?

Saat kita update versi AS ke 3.1.2, Android gradle plugin pun diminta diupgrade ke versi 3.1.2. Nah ketika saya coba downgrade ke versi lama, yakni 3.1.1, galat di atas tidak muncul lagi. Horeee..

Ngomong-ngomong tentang plugin gradle ini, dari hasil ubek-ubek maven Google, sampai Selasa pukul 09.55 WIB kok tidak ketemu ya versi gradle plugin 3.1.2? Aneh~~

EDIT:
Daaan ternyata ada solusi yang lebih mudah: Tinggal invalidate cache lalu restart Android Studionya~~

Ada komentar?

%d bloggers like this: