Agar Intellij atau Android Studio dapat mengenali perangkat Android di proyek Flutter

Dua hari terakhir kembali googling tentang Flutter dan kawan-kawannya. Kali ini juga belajar di codelabsnya agar supaya~~~.. Selama coba-coba Flutter, ada satu hal yang bikin ribet, setiap coba menjalankan aplikasi (run) harus selalu lewat terminal. Padahal di tutorialnya cukup klik tombol segitiga hijau saja. Ini kenapa?

Unable list devices

Unable list devices



Selain tidak bisa membaca emulator maupun ponsel yang sudah terhubung dengan adb (bisa dilihat dari perintah adb devices), perintah flutter doctor dari menu Tools > Flutter > Flutter Doctor pun menghasilkan keluaran berbeda dibandingkan menjalankan flutter doctor langsung lewat terminal. Ini keluaran dari menu di Intellij maupun Android Studio:

Sementara hasil perintah di terminal:

Dari hasil googling, ternyata masalahnya bukan di Intellij maupun Android Studio, tapi di konfigurasi Flutter sendiri. Dari komentar isu di sini, ternyata kita tinggal menjalankan perintah flutter config –anu. Begini perintahnya:

Setelah itu, restart dulu Intellij atau Android Studionya. Jika tidak ada masalah lain, seharusnya mereka sudah bisa membaca perangkat ponsel maupun emulator yang sudah terhubung. Proficiat!

Debug di Xiaomi Redmi Note

Tapi masih ada masalah lain sih. Menu Logcat belum bisa mendeteksi keberadaan perangkat ini. Tapi ya sudahlah, yang penting bisa debug dulu, kan?

tidak terdeteksi sama logcat

Sekali lagi, proficiat!

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: