Ikutan lomba logo openSUSE.Asia Summit 2018

Setelah beberapa kali cuma wacana, akhirnya tahun ini saya ikutan ngareureuah hajatan openSUSE tingkat Asia, openSUSE.Asia Summit 2018 yang digelar di Taipei, Taiwan. Bukan, bukan sebagai pembicara. Tapi sebagai peserta desain logo acara tersebut.


Sebenarnya sudah lama ingin ikutan lomba logo ini. Sejak acara serupa beberapa tahun sebelumnya, termasuk yang acara GNOME Asia. Tapi karena sok sibuk, akhirnya logo yang sudah dibikin tidak sempat dikirim ke panitia. Ini contohnya, desain yang tadinya mau diikutkan ke acara openSUSE.Asia Summit 2017 yang digelar di Jepang. Padahal sudah capek-capek bikin gambar gerbang khas Jepang, tapi eh malah nggak dikirim 😀

Desain logo yang tak sempat dikirim

Nah, untuk acara tahun ini saya sudah meniatkan untuk mengirimkan desain logo. Masalah menang atau kalah urusan belakangan, yang penting ikutan dulu saja. Setelah beberapa kali revisi dan googling, akhirnya saya bikin dua logo yang dikirim ke panitia.

Desain logo yang dikirim, beserta alternatif warnanya

Yang pertama terinsipirasi dari logo Meihua, bunga khas Taiwan. Logonya sangat sederhana, cuma bintang gendut segilima. Cara buatnya pun cukup gampang, tinggal nyontek logo di wikipedia :D.

Desain yang didiskualifikasi karena masalah lisensi

Nah yang kedua merupakan desain logo pertama yang agak dimomones. Ditambah dengan salah satu simbol taipei, Tower 101, yang gambarnya saya unduh dari sini.

Sayangnya, logo yang kedua didiskualifikasi karena terkait dengan lisensi. Saya baru sadar, meski lisensinya CCBY, ternyata dalam aplikasinya bakal ribet kalau beneran dipakai. Terima kasih pak Edwin sudah mengingatkan :).

Tapi… setelah lomba dibuka, desain logo dari peserta lain ternyata lebih bagus. Minder juga sih, dan sepertinya kemungkinan untuk menang semakin menipis kalau melihat klasemen sementara. Sampai Selasa 3 Juli 2018 jam 13.24 WIB, logo saya baru dipilih sama satu orang, yang itu adalah saya sendiri :)))

Meski kemungkinan tak bakal menang, ya tak apa-apa, yang penting ikut meramaikan. Sudah bisa ikutan juga sudah senang (apalagi kalau menang sih :))))

Tabik.

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: