Flutter 101: Situs bermanfaat bagi yang mau belajar Flutter

Beberapa minggu terakhir saya mencoba mengeksplorasi mainan baru, Flutter. Sebuah kakas untuk membangun aplikasi Android dan iOS. Masalahnya adalah, sebelum ini saya belum pernah bersentuhan sama sekali dengan dart, bahasa yang digunakan di Flutter. Apakah petualangan saya dengan Flutter akan berakhir manis?

Sekilas, saat mencoba buat proyek pertama Flutter, bahasa Dart mirip dengan Java. Ya minimal ada titikkoma (;) di tiap akhir baris :D. Makanya, ketika diminta untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS, saya lebih memilih Flutter daripada React-Native. Entahlah, selama ini selalu tak berjodoh ketika berhubungan dengan javascript :D.

Kenapa tidak pakai swift saja? Ya maunya sih begitu. Tapi apa daya, Swift sangat erat terkait dengan mesin buatan Apple, mac. Sementara saya masih pakai laptop non-Apple. Swift memang sudah ada di Linux, tapi terbatas hanya untuk Ubuntu, sementara saya masih setia dengan si kadal hijau alias openSUSE.

Ok kembali ke topik utama. Sebelum kita terjun lebih dalam dengan Flutter, di kesempatan kali ini saya mau membagikan beberapa tautan yang berhubungan dengan Flutter. Beberapa tautan kebanyakan dari Medium, dan sayangnya beberapa tidak saya bookmark.

  1. Flutter Documentation
    Tentu saja tempat pertama yang harus dikunjungi ketika mulai belajar Flutter. Dokumentasinya cukup lengkap, meski kadang sulit ya baca dokumentasi itu. Apalagi di beberapa kelas tidak ada contohnya. Tapi bagi yang mau belajar Flutter, tautan ini sudah pasti wajib dikunjungi.
  2. Start Flutter
    Bagi yang ingin mencari template atau tema proyek Flutter, di sini tempatnya. Salah satu yang menarik adalah Flutter Starter. Template ini sudah menyediakan menu Navigation Drawer, BottomNavigation, dan Tab. Sepertinya untuk proyek kantor saya bakal pakai template ini :D.

  3. Tutorial Flutter lengkap
    Bagi yang sudah agak familiar dengan Flutter dan ingin menerapkan arsitektur MVP, tutorial dari mas Rubio ini patut dicoba. Terdiri dari 4 bagian, mulai dari pengenalan hingga penerapan MVP pada proyek Flutter. Disclaimer: saya belum beres mengikuti tutorial ini :D.

  4. Tutorial tentang Dart untuk Flutter
    Ini seri tutorial belajar Dart untuk Flutter. Seperti tautan sebelumnya, yang ini juga belum saya tamatkan hehe.

  5. Repositori librari Dart & Flutter
    Bagi yang ingin cari paket librari untuk proyek Flutter (atau Dart pada umumnya), repo ini wajib dikunjungi. Beberapa librari penting yang harus dipakai misalnya http untuk keperluan ambil data dari internet, ada di sini.

  6. Tutorial lain dari Medium
    Saya heran kenapa kemarin-kemarin Kominfo sempat memblokir Medium, karena di sini banyak tulisan yang sangat bermanfaat, termasuk dalam hal dunia Flutter. Beberapa tutorial yang pernah saya buka (dan disimpan di bookmark) adalah tutorial membuat gambar carousel, tutorial membuat Navigation Drawer, dll. Untuk bahan bacaan lain, silakan manfaatkan menu search.

  7. Grup Flutter ID di Telegram
    Bagi yang suka main telegram, grup ini cocok untuk kamu yang ingin berdiskusi mengenai Flutter. Ya meski belum tentu langsung ada yang jawab sih. Tapi minimal bisa berbagi keresahan dengan sesama pengguna Flutter di Indonesia.

Baiklah, untuk sementara sekian dulu. Ke depan mungkin akan ditambah lagi kalau saya lagi senggang dan ingat. Selamat belajar Flutter!

Tabik.

1 Thought.

  1. Pingback: Flutter 101: membuat splashscreen sederhana – Cacatan Kecil

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: