Membuat kunci jawaban pilihan ganda dengan distribusi yang proporsional

Judulnya sudah mirip skripsi belum? Jadi begini, misalkan Anda adalah seorang guru yang hendak membikin soal ujian bertipe pilihan ganda alias multiple choice. Adalah tidak elok jika kunci jawaban pilihan ganda misalnya A semua, atau B semua. Lalu bagaimana membikin kunci jawaban agar pilihan jawabannya tersebar merata?

Salah satu cara yang pernah dilakukan paman saya waktu bikin kunci jawaban adalah dengan membuat kunci jawaban yang punya pola tertentu. Saya masih ingat, waktu masih SD disuruh memeriksa jawaban ulangan SMP kelas 1. Kunci jawabannya punya pola yang mudah ditebak: ABCDCBABCD CBABCDCBAB CDCBABCDCB.

Jika kunci jawabannya punya pola seperti itu, sepertinya siswa bakal dengan mudah menebak jawaban nomor sekian ketika soalnya sulit. Dan seharusnya hal begini harus dihindari.

Lalu bagaimana caranya agar kunci jawaban pilihan ganda tidak mudah ditebak? Salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan fitur random di aplikasi spreadsheet. Bisa pakai MS Excel, LibreOffice, atau Google Spreadsheet. Dari hasil googling, begini cara yang paling mudah.

Misalkan kita akan membuat 20 soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban A, B, C, D, dan E. Karena ada 5 pilihan jawaban, maka agar proporsional, idealnya ada 4 nomor soal yang jawabannya sama. Untuk contoh ini, misalkan proporsi jawabannya sama, jadi jawaban A, B, C, D, E masing-masing ada 4.

Pertama, buat daftar jawaban yang terurut di kolom A1 hingga A20. Jadi jawaban A dari A1-A4, B di A5-A8, B di A9-A12, D di A13-A16, dan E di A17-A20.

Kedua, buat fungsi random =RAND() di kolom C1 hingga C20. Setelah itu, salin tempel nilai hasil random itu (paste value only) di kolom B1-B20. Ingat, yang ditempel hanya nilainya saja, sehingga nanti tidak berubah-ubah lagi.

Ketiga, blok kolom B20 hingga A1, lalu urutkan kedua kolom itu berdasarkan kolom B. Voila! Kunci jawaban dengan pola tidak beraturan sudah tercipta! Horee… Berikut contoh hasilnya.

Sekian tutorial nirfaedah kali ini. Semoga bermangpaat.

1 Thought.

  1. Mantap… Dulu saya pernah dikasih tahu sama guru soal PG ini, nyari kemungkinan jawaban yang bener, setelah bener2 mentok gak bisa ngerjain lagi.. Dan biasanya lumyan nambah1 poin :))

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: